Menjelang 2020 : Review Nonton Film 2019




Tanpa terasa, tahun 2019 kurang dari 3 pekan lagi. Hal yang cukup menarik pada tahun 2019 ini adalah deretan film Indonesia atau luar yang hadir di bioskop. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Penulis cukup banyak nonton film langsung di bioskop selama tahun 2019 ini. Kurun waktu 2014 hingga 2018, jika dijumlahkan cuma ada 4 hingga 5 film yang ditonton langsung di bioskop. Selama tahun 2019, 13 kali Penulis memilih untuk menonton langsung di layar besar.

"Banjir" film superhero selama 2019 ini menjadi alasan Penulis lebih sering menonton film di bioskop. Ada beberapa film superhero yang menarik perhatian Penulis selama tahun ini. Sedikitnya ada 5 film superhero yang membuat Penulis penasaran dan langsung bergegas ke bioskop.

 Daftar 5 film superhero tadi adalah Captain Marvel, Shazam, Avengers, Spiderman hingga Joker. Kelima film tadi memiliki nilai "spiritual" yang berbeda satu sama lain. Salah satu yang mencolok adalah film Joker. Paska nonton film dari musuh Batman tadi, ada perasaan "depresi" yang tiba-tiba muncul. Kurang lebih seminggu ada perasaan aneh paska menonton film Joker. Sungguh aneh sekali.

Hal yang perlu menjadi bahan evaluasi bagi Penulis sendiri, sebagian besar film yang ditonton masih berasal dari luar Indonesia. Tercatat, 9 dari 13 film yang Penulis tonton merupakan karya dari luar Indonsia. Hanya ada 4 film Indonesia yang Penulis tonton. Maafkanlah. 


Parasite yang berasal dari Korea Selatan, merupakan film terbaik dari semua 13 film yang ditonton tadi versi Penulis. Datang ke bioskop dengan ekspetasi yang cukup tinggi, ternyata sehabis nonton lebih baik dari yang diharapkan. Ada beragam rasa dari film Parasite tadi. Dimulai dengan warna ceria, ending film Parasite begitu memilukan dan menggetarkan hati. 



Sementara itu, dari 4 film Indonesia yang ditonton, hampir semua yang ditonton beraliran genre horor. Tercatat, 3 dari 4 film Indonesia yang ditonton masuk genre horor. Ghost Writer karya Benedion menjadi pilihan favorit penulis. Tanpa di duga sebelumnya, Ghost Writer memberikan paket komplit. Ghost Writer bukan hanya sekedar menghibur tapi juga memberikan nilai-nilai positif yang bisa dibawa setelah nonton film. 


Tahun 2019 ini masih menyisakan 3 pekan lagi. Mungkin masih ada 2 film Indonesia yang akan ditonton langsung di bioskop. Semoga di tahun 2020 nanti, banyak lagi film Indonesia yang memiliki kualitas lebih lagi. See you again. 



Berikut ini rating film versi Penulis


1. Captain Marvel : Superhero/ Aksi
Rating : 6/10 


2. Shazam : Superhero/ Aksi
Rating : 7 / 10  


3. Avengers : Endgame (Superhero/ Aksi)
Rating : 7,5 / 10


4. Parasite : Thriller 
Rating : 9,8 / 10


5. Ghost Writer : Horror dan Komedi
Rating : 8,1 / 10


6. Spiderman : Far From Home : Superhero/ Aksi
Rating : 7,7 / 10


7. Toy Story 4 : Animasi
Rating : 8 / 10


8. Joker : Thriller Superhero
Rating : 9 / 10


9. Detective Conan: The Fist of Blue Sapphire ( Animasi)
Rating : 7,5 / 10


10. Perempuan Tanah Jahanam : Horror
Rating : 7,0 / 10


11. Love For Sale : Drama Romantis
Rating : 7,0 / 10


12. Ratu Ilmu Hitam : Horror
Rating : 8 / 10


13. Ford vs Ferrari : Drama Biografi
Rating : 8,5 / 10




Comments

Popular posts from this blog

Sinetron Dunia Terbalik dan Kampanye Kesetaraan Gender

Mahasiswa Sulit Bangun Pagi

Cerita Liburan