Jarak Rumah

Pulang ke rumah kelahiran pasti akan membawa setiap orang larut dalam lautan hidup yang dalam. Entah akan merasakan momen yang lalu, harapan akan masa depan atau cerita indah dan pedih dalam kehidupan yang telah dijalani. Ini yang aku rasakan ketika pulang ke rumah. Ada sedih dan kebahagiaan yang bercampur dalam satu waktu.

Dia, telah "pergi" untuk tak pernah datang lagi. Gadis yang pernah menjadi warna indah dalam hidup yang keras ini. Membuat kehidupan menjadi lebih indah, tidak selalu tentang hitam dan putih. Entah berapa lama aku tak pernah bertemu dengannya lagi. 

Belasan tahun lalu, dia pernah ada. Gadis kecil itu datang dengan kenangan yang tak pernah pergi. Dia yang tertawa dengan lepas, namun juga pernah menangis dengan tersedu-sedu. Hadir dan memberikan semesta alasan untuk mendorongku menjadi manusia yang lebih baik. 

Namun, warna selalu berubah. Menyisakan kenangan yang tak pernah pergi. Ada masa depan yang menunggu. Ada kaki yang harus melangkah ke depan. Membawa setiap manusia pada cahaya biru kehidupan yang lebih bermakna. 

"Kapan wisuda ?", sebuah pertanyaan datang dari seorang gadis lain. Pertanyaan yang tak pernah diharapkan datang darinya. Gadis ini berbeda dengan gadis tadi. Gadis ini tak pernah diharapkan datang. Bahkan terbayang pun tidak. Tuhan mengirimkan gadis yang tak pernah aku inginkan. Dirinya tak pernah datang dalam mimpi-mimpi malam. 

Kembali ke rumah kelahiran, aku datang membawa kabar gembira tentang akhir pendidikan selama 5 tahun yang telah dijalani. Ada orang tua yang bahagia, saudara yang bersyukur dan diriku yang lega. Wisuda ini adalah hadiah kecil kepada semua orang yang telah mencintai diriku. 

Malam di rumah kelahiran menjelang wisuda memberikan sejuta kenangan di masa lalu. Ada masa indah di waktu kecil, namun ada juga waktu menyedihkan di masa kecil. Momen dimana kehidupan hanya tentang main, main dan main. Penuh kenangan sekali. 

Waktu yang cepat berlalu, membawa setiap manusia pada momen baru yang tak diinginkan datang. Wisuda pun datang. Gelar baru datang. Tantangan baru datang. Dan orang-orang baru akan datang. Selamat menjalani kehidupan baru........


Comments

Popular posts from this blog

Sinetron Dunia Terbalik dan Kampanye Kesetaraan Gender

Mahasiswa Sulit Bangun Pagi

Cerita Liburan