Melawan Lupa Aksi Just Fontaine pada Piala Dunia 1958 Swedia

Melawan Lupa Aksi Just Fontaine pada Piala Dunia 1958 Swedia


Oleh : Totoh Wildan Tohari

Piala Dunia 1958 yang diselenggarakan di Swedia, memang menjadi ajang yang menaikan nama Pele sebagai bintang baru sepakbola dunia. Hanya saja, Piala Dunia 1958 jangan melupakan aksi dari satu pemain yang paling produktif dalam satu Piala Dunia. Sosok pemain itu adalah Just Fontaine, bintang asal Timnas Prancis.

Just Fontaine adalah legenda yang “terlupakan” dari Piala Dunia 1958. Pemain kelahiran Maroko ini, memiliki rekor yang hingga saat ini belum ditandingi pemain lain. Rekor yang dimaksud adalah pencetak gol terbanyak dalam satu ajang Piala Dunia. Torehan yang 13 gol dalam Piala Dunia 1958 menjadi rekor yang kini sudah berusia 60 tahun.

Aksi Just Fontaine dalam Piala Dunia 1958 dimulai kala bertanding dalam babak grup Piala Dunia 1958. Prancis sendiri tergabung dalam Grup 2 bersama Paraguay, Yugoslavia dan Skotlandia.
Memulai turnamen, Just Fontaine langsung menjadi bintang dengan mencetak tiga gol sekaligus kala melawan Paraguay. Torehan sensional turut membawa kemenangan Prancis atas Paraguay dengan skor 7-3. Tiga hari kemudia, Prancis bertanding dalam laga kedua Grup 2 kala melawan Yugoslavia.

Bertanding melawan salah satu raksasa sepakbola dari Eropa Timur, Prancis mengalami kesulitan dalam menahan serangan beruntun Yugoslavia. Pertandingan ini berlangsung menarik sejak menit-menit awal. Just Fontaine membuka laga dengan gol pada menit keempat. Terhentak oleh gol menit-menit awal, Yugoslavia berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-16 dan bahkan berbalik unggul pada menit ke-63. Terus menyerang, Prancis berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Just Fontaine pada menit 85. Saat laga seperti berkesudahan sama kuat, gol telat pemain Yugoslavia pada menit 88 memberikan kekalahan perdana bagi Prancis.

Just Fontaine kembali mencetak satu gol kala Prancis mengalahkan Skotlandia dengan skor 2-1 pada laga ketiga babak grup.  Setelah itu, Just Fontaine kembali unjuk gigi pada babak 8 besar Piala  Dunia 1958. Menghadapi Irlandia Utara, Just Fontaine sukses menjadi inspirasi bagi kemenangan Prancis dengan menyumbakan 2 gol. Prancis sendiri meraih kemenangan 4-0 atas Skotlandia.

Berhadapan dengan Brazil dengan sang wonderkid yaitu Pele, Prancis benar-benar tak berdaya. Brazil yang unggul cepat melalui gol Vava pada menit kedua, Just Fontaine sempat memberikan asa dengan mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-9. Hanya saja setelah itu Pele secara spektakuler mencetak tiga sekaligus untuk membawa kemenangan telak 5-2 Brazil atas Prancis. Kekalahan yang menghentikan langkah Prancis untuk dapat menggampai mimpi meraih trofi Jules Rimet.

Meski dilanda kekecewaan, Just Fontaine tetap tampil prima kala mencetak 4 gol dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia 1958 saat melawan Jerman Barat. Torehan 4 gol Just Fontaine membawa kemenangan Prancis atas Jerman Barat dengan skor akhir 6-3.

Torehan 13 gol Just Fontaine pada Piala Dunia 1958 menjadi rekor yang belum tersentuh oleh pemain manapun. Karier Just Fontaine sendiri terhenti karena cedera yang kunjung sembuh. Meski begitu, nama Just Fontaine akan tetap dikenang disebagai salah satu legenda terbaik dalam ajang Piala Dunia. 

Comments

Popular posts from this blog

Contoh BAP Tersangka

Pembagian Urusan Pemerintahan menurut Undang-Undang No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.