Tiga Alasan Kenapa Brazil Akan Menjadi Juara Dunia 2018

---Brazil mungkin akan menjadi juara Piala Dunia 2018 di Russia---

Oleh : Totoh Wildan Tohari


Piala Dunia sudah di depan mata. Gelaran akbar sepakbola dunia pada 2018 ini, dihelat di Russia. Ada 32 tim nasional yang akan memperebutkan trofi emas Piala Dunia. Berbicara kandidat juara, tim nasional Brazil memiliki peluang besar memenangkan gelaran 2018 ini. Komposisi pemain, kesiapan skuad lebih baik dan faktor sejarah menjadi alasan utama kenapa Brazil memiliki kans besar menjadi juara tahun ini.


1. Komposisi Pemain


Terakhir kali Brazil juara Piala Dunia adalah edisi 2002 silam. Kala itu, skuad diisi oleh nama-nama besar macam Ronaldo, Rivaldo atau Ronaldinho. Setelah 16 tahun tanpa gelar, Brazil datang ke Russia dengan skuat yang lebih dari tahun-tahun sebelumnya. Generasi Brazil kali ini diisi oleh pemain-pemain yang lebih matang, kuat dan cepat.
Dibawah mistar gawang, Ederson dan Allison harus bersaing untuk mengambil hati pelatih Tite. Kedua penjaga gawang memiliki kualitas yang sama baiknya, tinggal Tite memilih terbaik dari yang terbaik tadi.
Pada lini belakang, kematangan Tiago Silva akan berpadu kuat dengan sosok-sosok lain macam Miranda atau Marquinhos. Kegagalan pada 2014 silam akan menjadi pelajaran bagi lini belakang Brazil kali ini.
Sektor tengah tak kalah mengkilap, Coutinho yang tengah bersinar di Barcelona akan menjadi inspirator permainan Brazil. Berpadu dengan ketangguhan Casemiro ataupun Paulinho, lini tengah Brazil boleh dibilang salah satu yang terbaik pada Piala Dunia tahun ini.
Salah satu yang melegakan pada Piala Dunia 2018 bagi Brazil adalah ketajaman lini depan Brazil saat ini. Jika pada 2014 silam Brazil hanya mengandalkan sosok Neymar, kali ini Brazil memiliki banyak pilihan selain Neymar. Ada Gabriel Jesus ataupun Firminho yang dapat menjadi alternatif pilihan jika Neymar mengalami kebuntuan.
2. Kesiapan Skuad Brazil Lebih Baik

Berbeda jauh jika di bandingkan dengan tahun 2014, Brazil 2018 kini memiliki kesiapan skuad yang sangat baik. Skuad Brazil kali ini di isi oleh pemain yang malang melintang di kompetisi Eropa, bahkan beberapa menjadi juara di liga masing-masing.
Tiago Silva, Marquinhos dan Neymar berhasil membawa PSG menjadi juara League 1 Prancis. Ketiga pemain pun tampil reguler sejak awal musim. Keberhasilan Manchester City meraih juara EPL tahun ini, tidak lepas dari peran pemain Brazil. Mulai dari Gabriel Jesus, Ederson dan Fernandinho. Begitupun dengan Real Madrid, keberhasilan meraih juara UCL 3 tahun berturut-turut salah satunya sumbangan besar dari 2 pemain Brazil, Casemiro dan Marcelo.
Jangan lupakan Coutinho yang sukses besar bersama Liverpool dan Barcelona ataupun Firminho di Liverpool. Pengalaman bertanding di kompetisi Eropa yang keras dan ketat, menjadi "anugerah" tersendiri yang dapat membawa kembali trofi Piala Dunia ke Brazil tahun ini.

3. Faktor Sejarah Piala Dunia

"Sejarah itu selalu berulang", begitulah pepatah yang sering kita dengar tentang sejarah. Meski seperti mitos, gelaran Piala Dunia memiliki siklus sejaraj yang selalu berulang. Siklus yang dimaksud adalah "siklus 24 tahunan". Maksudnya, setiap 24 tahun, juara Piala Dunia pasti akan kembali atau berulang.
Siklus ini dimulai ketika Brazil menjuarai Piala Dunia 1970, setelah puasa 24 tahun, Brazil berhasil menjadi juara pada 1994. Begitupun dengan Itali yang juara tahun 1982 dan kembali juara setelah 24 tahun kemudian atau pada tahun 2006 silam. Siklus ini terulang saat Jerman berhasil menjuarai Piala Dunia pada 2014 silam, yang mana terakhir kali Jerman juara Piala Dunia pada 1990 atau 24 tahun sebelum 2014.
Jika siklus ini kembali berulang, Brazil berdasarkan siklus 24 tahunan, akan kembali meraih juara Piala Dunia 2018. Hal ini berdasarkan perhitungan saat Brazil berhasil meraih Piala Dunia 1994 silam. Jika dihitung dengan angka 2016, itu berarti 24 tahun silam. Maka jika siklus ini berulang, Brazil hampir pasti meraih juara Piala Dunia 2018 he.....
----Hanya saja, sepakbola tetaplah sebuah permainan biasa---

Skuad Brazil tahun ini boleh dibilang skuad terbaik pasca Piala Dunia 2002. Didukung oleh faktor sejarah tadi, bukan tidak mungkin Brazil akan kembali membawa trofi Piala Dunia untuk keenam kalinya. Meskipun begitu, sepakbola itu tetaplah permainan, ada kemungkinan juga tim nasional lain membawa trofi akbar itu. Well kita tunggu di tanggal 15 Juli 2018 nanti.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh BAP Tersangka

Pembagian Urusan Pemerintahan menurut Undang-Undang No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.