Membaca dan Menulis

Menulis berarti membaca.Menulis sebagai sebuah proses memindahkan pengetahuan abstrak yang kita miliki menjadi sebuah teks yang dibaca orang lain memang bukan tugas yang mudah. Pentingnya kita rajin  membaca menjadi salah satu cara untuk mempermudah kita memproduksi tulisan. Tulisan yang dihasilkan dari proses pembacaan yang mendalam, tentu akan berbeda hasilnya dengan yang proses pembacaannya sedikit. 

Makna membaca disini bukan hanya dalam hal bacaan tekstual, macam buku atau jurnal, tapi juga membaca reallita yang ada dalam masyarakat. Kedua sumber tadi menjadi salah satu syarat untuk dapat memproduksi tulisan yang baik dan benar. Membaca secara tekstual maupun reallita dapat memberikan keuntungan kepada tulisan yang diproduksi. 
Hasil gambar untuk menulis
https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/menulis-efektif-menambah-kosakata-anak

Keuntungan membaca secara tekstual diantaranya adalah memberikan pandangan dan pengetahuan baik masa kini maupun yg sudah lampau. Selalu ada pengetahuan baru yang datang dari sumber tekstual ini, karena cukup banyak sumber tekstual yang dihasilkan dari proses ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Riset salah satu proses ilmiah yang sering disajikan dan disampaikan kepada publik melalui media tekstual. Selain itu, sumber tekstual seringkali menjadi salah satu menjadi media propaganda dalam menyuarakan kritik-kritik, baik kepada penguasa ataupun kepada masyarakat umum. 
Hasil gambar untuk membaca
http://www.al-maghribicendekia.com/2015/06/7-manfaat-penting-membaca.html


Sumber lain agar dapat memproduksi tulisan yang baik dan benar adalah dengan kejelian kita membaca reallita yang ada dalam masyarakat. Reallita atau keadaan yang sebenarnya, adalah sumber pengetahuan yang dapat kita lihat dan dengar dari sekeliling kita. Perkembangan dunia teknologi dan informasi terkini memudahkan kita mendapat gambaran terbaru terkait reallita masyarakat secara cepat. Hanya saja, untuk membaca reallita ini, proses memahami mana reallita secara objektif menjadi syarat penting. Hal ini penting karena proses merubah pemahaman reallita yang abstrak ke dalam sebuah tulisan baik dan benar tidaklah mudah. Pemahaman secara utuh tentang sebuah reallita mutlak diperlukan, dan ini membutuhkan alat untuk berfikir. Filsafat adalah salah alat yang bisa digunakan untuk memudahkan kita membaca sebuah reallita. 

Membaca secara tekstual maupun  reallita bisa menjadi salah satu cara untuk memperkaya bahan kita dalam menulis  Jadi, jangan pernah membaca untuk dapat menghasilkan tulisan yang baik, original dan benar tentunya. 




Comments

Popular posts from this blog

Contoh BAP Tersangka

Pembagian Urusan Pemerintahan menurut Undang-Undang No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.