Contoh BAP Tersangka







KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
DAERAH JAWA BARAT
DIREKTORAT RESERSE KRIMINAL
PRO. JUSTITIA.


BERITA ACARA PEMERIKSAAN
( TERSANGKA )

—— Pada hari ini  Senin  tanggal  30 Oktober 2017 sekira  jam 10.00 WIB Saya :
————————————————— : Totoh Wildan Tohari, S.H. : —————————————–Pangkat Briptu NRP. 69015993, Jabatan Selaku Penyidik Pembantu pada kantor tersebut di atas, berdasarkan Surat Keputusan Jawa Barat No. Pol : Skep/10/30/2017, tanggal 30 Oktober  2017, melakukan pemeriksaan terhadap seorang laki-laki yang belum saya kenal mengaku bernama :
————————————————————- : EKI NURHADI BIN ABDUL RAHIM : —————————————————
Lahir di Bandung tanggal 6 Oktober 1993, Umur 28 Tahun, Suku Sunda, Pekerjaan Wiraswasta, Pendidikan terakhir SMA (Tamat), Negeri Asal Bandung , Kewarganegaraan Indonesia, Agama Islam, Alamat Jln. Suryalaya 18 No. 23 Kec. Sukamaju, Kabupaten Bandung. Dia ( EKI NURHADI ) diperiksa dan didengar keterangannya sebagai Tersangka dalam perkara Tindak Pidana Perkosaan , sebagaimana dimaksud dalam Pasal 285 KUHP, sehubungan dengan Laporan Polisi No. Pol. : LP 14/VIII/2017 Polres Bandung tanggal 7 Oktober 2017.————————————————— Atas pertanyaan yang diajukan Pemeriksa kepada yang diperiksa maka yang diperiksa menjawab dan menerangkan sebagai berikut di bawah ini : —————————————————————————–
PERTANYAAN                                    JAWABAN

  1. Bagaimanakah keadaan kesehatan Sdr sekarang ini, bersediakah Sdr diperiksa dan memberikan keterangan yang sebenar-benarnya? ——————————————————————————–
——-1.     Ya, Saya sekarang dalam keadaan sehat Jasmani dan Rohani, bersedia diperiksa dan akan keterangan yang sebenar-benarnya. ———————————————————————
2.      Mengertikah Sdr sebabnya Sdr ditangkap dan dimintai keterangan oleh Petugas Polisi saat sekarang ini?—————————————————————————————————
——-2.   Saya mengerti sebabnya Saya ditangkap Petugas Polisi, sehubung dengan Saya telah melakukan perkosaan. ———————————————————–
3.      Sudah pernahkah Sdr dihukum dalam perkara tindak pidana kejahatan atau pelanggaran sebelum perkara ini, jika pernah dalam perkara apa? Jelaskan! ———————————————————-
——-3.   Saya belum pernah dihukum dalam perkara tindak pidana ataupun perkara pelanggaran lainnya.————————————————————————————————————
4.      Dalam perkara yang dipersangkakan kepada Sdr sekarang ini yang mana diancam hukuman diatas 5 (lima) tahun, untuk itu sesuai dengan Pasal 56 KUHAP diwajibkan kepada Sdr untuk didampingi oleh Penasihat Hukum, apakah saat sekarang ini Sdr ada mempunyai penasihat hukum, Jika ada sebutkan nama dan identitasnya serta dari mana penasihat hukum atau pengacara Sdr tersebut, Jika tidak ada maka penyidik menyediakan Penasihat Hukum atas nama ——————————————————————–  untuk mendampingi Sdr, bagaimana selanjutnya? ———————————–--4.       Pada pemeriksaan sekarang ini Saya sudah didampingi oleh seorang Penasihat Hukum yang  bernama ULFA ZAKIYA, S.H, L.LM yang berumur 31 Tahun yang berasal dari LBH Bandung.———————————————————————————————————————

5.      Ceritakan riwayat hidup Sdr dengan singkat dan jelas? ———————————————————
——-5.   Saya lahir di Bandung tanggal 6 Oktober 1993. Saya anak keempat dari 7 (tujuh) orang  bersaudara diantaranya 4 (empat) orang laki-laki 3 (tiga) orang perempuan, ibu kandung saya bernama SITI NURHASANAH dan Bapak saya bernama ABDUL RAHIM yang beralamat di Jalan Raden Haji Kosasih No. 23 Kec. Majalaya.————————————————————————
Pendidkan:  SMA ———————————————————————————————–
Pada Tahun 2013 saya tamat SMA Majalaya ———————————————————-Karena tidak ada biaya saya tidak melanjutkan sekolah ——————————————–
Pekerjaan : ——————————————————————————————————
Setelah berhenti sekolah saya tidak bekerja dan baru 7 (tujuh) bulan lalu saya bekerja sebagai wiraswasta atau lebih khususnya sebagai pedagang cilok sampai sekarang.——————————————-
Keluarga : ——————————————————————————————————–
Saya belum berkeluarga.—————————————————————————————
6.   Kapan dan dimanakah Sdr ditangkap serta bersama siapa Sdr ditangkap, saat ditangkap Sdr  sedang  mengapa dan siapakah yang melakukan penangkapan terhadap Sdr ?—————————
——-6.   Saya ditangkap sendiri pada hari Selasa.tanggal 9 Oktober 2017 sekitar jam 15.00 WIB di Jalan Parakan Muncang No. 23 Kec. Cileunyi dan pada saat ditangkap saya sedang tidur di rumah teman. Yang menangkap saya adalah seorang tiga orang polisi. Mereka menunjukan sebuah surat dan saya diborgol lalu dibawa ke atas mobil polisi.—–
7.  Apakah Sdr mengenal dengan korban yang berinisial IN dan sejak kapan mengenal korban ?—————————
——-7.   Saya mengenal korban sejak kecil karena sama-sama berasal dari SD yang sama.—–
8.  Apakah hubungan Sdr dengan korban yang berinisial IN?—————————
——-8.   Saya dan korban sudah pacaran selama 2 bulan.—–
9.  Berapa kali Sdr dengan korban bepergian ke tempat terjadinya kejadian dan dimana lokasi kejadian?—————————
——-9.   Saya dan korban sudah ke tempat kejadian beberapa kali. Tempat itu sering menjadi tempat muda-mudi berpacaran. Lokasinya bernama Situs Candi di Cicalengka—–
10.  Apakah itu pertama kalinya Sdr pergi bersama Korban ke tempat kejadian tadi ?—————————
——-10.   Saya dan korban selalu ke tempat itu di hari Minggu. Karena korban hanya mendapat libur di hari Sabtu dan Minggu—–
11.  Sepengetahuan Sdr, Korban sebelumnya bekerja sebagai apa dan dimana?—————————
——-11.   Sepengatuhuan saya Korban bekerja sebagai pegawai Bank. Bank itu sendiri berada di sekitaran Solokanjeruk.—–
12.  Apakah keluarga korban mengetahui bahwa Sdr sering membawa korban ke tempat kejadian setiap hari Minggu?—————————
——-12.   Tidak mengetahui. Korban bilang kepada keluarganya pergi bersama teman-teman sepekerjaannya.—–
13.  Apakah kelurga korban mengetahui hubungan Sdr dengan korban?—————————
——-13.   Tidak mengetahui. Rencananya setelah tahun baru, Saya baru akan pergi ke rumah keluarga korban—–
14.  Benarkah saudara memaksa korban untuk membuka bajunya saat berduaan di hari dan tempat pas kejadian?—————————
——-14.   Benar. Saya meminta korban membuka bajunya pada hari itu —–
15.  Apakah Sdr meminta korban untuk membuka bajunya dengan kesadaran?—————————
——-15.   Saya meminta bajunya dengan kesadaran pada saat itu.—–
16.  Apakah pada saat itu ada orang melihat kejadian itu?—————————
——-16.   Tidak ada yang melihat saya ketika menyuruh korban membuka baju.—–
17.  Apakah tempat kejadian itu terbuka untuk umum?—————————
——-17.   Tempat itu untuk umum. Hanya saja karena hari itu menjelang senja, banyak yang pulang. Tinggal saya dan korban. Karena saat itu sepi, saya meminta korban untuk membuka bajunya—–
18.  Kenapa Sdr meminta korban untuk membuka bajunya?—————————
——-18.   Sebelum pergi dengan Korban, Saya bersama kawan-kawan menonton Film Dewasa, hampir 3 jam lebih. Kebetulan pemeran wanita FILM itu mirip dengan korban—–
19.  Bagaimana reaksi Korban saat diminta membuka bajunya?—————————
——-19.   Korban menolak, karena takut ada yang melihat. Tapi saya yakinkan korban bahwa tidak ada yang melihat. Setelah itu saya terus meminta hingga korban mau membuka bajunya—–
20.  Lalu kenapa korban kemudian minta tolong dengan suara keras hingga datang 2 orang  yaitu pemulung dan penjual buah?—————————
——-20.   Tidak ada teriakan. Itu hanya rekayasa dari pihak keluarga, untuk menyudutkan Saya.—–
21.  Apakah Sdr berhubungan kelamin dengan Korban pada saat itu?—————————
——-21.   Saya dan korban melakukan hubungan itu atas dasar suka sama suka.—–
22.  Kenapa pada saat itu Korban menangis?—————————
——-22.   Korban menangis karena ada keluarga korban yang datang, yaitu Kakak Perempuan korban dan menuduh saya memperkosa Korban—–
23.  Apakah itu adalah hubungan kelamin pertama antara Sdr dengan Korban?—————————
——-23.   Iya. Saya dan korban baru melakukannya pada saat itu.—–
24.  Bagaimana reaksi Kakak Perempuan Korban melihat kejadian itu?—————————
——-24.   Kakak perempuan korban menuduh saya melakukan pemerkosaan. Pada saat melihat itu, kakak korban meneriakan “Tolong”, hingga datang 2 saksi lain yaitu Pemulung dan Pedagang Buah—–
25.  Adakah saksi yang meringankan Sdr  dalam perkara yang dipersangkakan kepada Sdr saat ini? —-
——-25. Ada, teman Korban. ——————————————————————————————-
26.  Apakah Sdr membawa pisau alat alat-alat tajam pada saat kejadian? —-
——-26. Iya , Tapi itu adalah peralatan yang selalu saya bawa. Menurut warga disana, tempat kejadian sering ada preman yang hendak memalak dan meminta uang. Oleh karena, Saya membawa alat-alat tadi sebagai pengaman ——————————————————————————————-
27.  Benarkah Korban diancam dengan alat-alat tajam tadi? —-
——-25. Tidak, alat tadi saya simpan di dalam tas kecil. ——————————————————————————————-
27.  Bagaimana hubungan Sdr dengan Kakak Perempuan Korban sebelumnya? —-
——-27. Tidak terlalu baik. Kaka Korban sering menghina saya sebagai pemuda miskin dan tidak berpendidikan ——————————————————————————————-
28.  Bagaimana reaksi pemulung dan pedagang buah melihat Kakak Korban meneriakan “Tolong”, coba jelaskan ? —-
——-28. Mereka menarik tangan saya. Dan pada saat itu, Saya lalu menodongkan pisau kepada 2 orang saksi tadi hingga mereka menjauh. Hingga saya lari karena takut ada massa yang menghakimi dengan motor Saya. Setelah itu Saya bersembunyi di rumah teman, hingga petugas datang membawa Saya ——————————————————————————————-
29.  Masih adakah keterangan lain yang perlu Sdr tambahkan atau jelaskan sehubugan perkara ini?—-
——-29. Semua keterangan yang saya berikan diatas sudah cukup dan tidak ada lagi yang akan saya jelaskan atau tambahkan.—————————————————————————–
30. Sudah sebenar-benarnyakah semua keterangan yang Sdr berikan di atas dan dalam hal memberikan keterangan tersebut apakah Sdr merasa dipaksa, mendapat penekanan-penekanan atau anda dipengaruhi oleh orang lain maupun oleh pemeriksa sendiri?———————————–
——30.  Semuanya telah saya terangkan dengan sebenar-benarnya tanpa ada rasa paksaan, penekanan-penekanan dan juga tidak ada dipengaruhi oleh orang lain maupun oleh pemeriksa sendiri dan apa yang saya terangkan diatas adalah menurut apa yang saya lihat dan saya lakukan —————————————————————————————-
———- Setelah berita acara pemeriksaan tersangka ini selesai dibuat kemudian dibaca sendiri oleh yang diperiksa (tersangka) dan yang diperiksa menyatakan setuju serta membenarkan kemudian untuk menguatkannya yang diperiksa turut membubuhkan tanda tangannya di bawah ini.———————————–
Yang diperiksa / Tersangka

( EKI NURHADI)
———- Demikianlah Berita Acara Pemeriksaan tersangkan ini dibuat dengan sebenar-benarnya atas kekuatan sumpah jabatan kemudian ditutup dan ditanda-tangani di Bandung pada Hari dan tanggal tersebut diatas.———

Penyidik Pembantu Pemeriksa

TOTOH WILDAN TOHARI S.H
BRIPTU/NRP. 69015993



Comments

Popular posts from this blog

Sinetron Dunia Terbalik dan Kampanye Kesetaraan Gender

Mahasiswa Sulit Bangun Pagi

Cerita Liburan